Hal-Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Pengumuman SNMPTN atau SBMPTN



image source : masukuniversitas.com

Setelah selesai mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kamu tidak selayaknya berdiam diri saja menunggu datangnya pengumuman. Kenapa? agar waktu menunggumu itu tidak terbuang dengan sia-sia. Waktu pengumuman masih menunggu cukup lama pula, membuat kamu jadi deg-degan memikirkan apa yang akan kamu saksikan nanti. Apakah lolos atau tidak, namun berikut saya sampaikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan sambil mengisi waktu menunggumu. Oke ini dia Hal-Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Pengumuman SNMPTN atau SBMPTN :

1. Mencari
Informasi Pendaftaran Jalur Yang Lain.

Kamu pasti tahu bahwa untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, selain SNMPTN dan SBMPTN itu ada lagi yang namanya UM. UM atau Ujian Mandiri, setiap kampus biasanya punya nama tersendiri untuk Ujian Mandirinya. Maka, apakah kamu sudah tahu ujian mandiri yang diselenggarakan oleh kampus yang kamu tuju sekarang. Jangan-jangan kamu hanya mengandalkan SBMPTN semata. Wah, kamu terlalu berani jika hanya mengandalkan SBMPTN. Percaya diri sih boleh, namun kamu harus mengerti bahwa di dunia ini ada yang namanya ketidakberuntungan. Maka jangan hanya mengandalkan hasil SBMPTN yang sedang kamu nantikan itu. Segeralah punya Plan B untuk bisa masuk kuliah nanti. Bahkan kamu mungkin siapkan Plan C, Plan D dan sebisa kamu. Walau kamu pasti berharap lolos, ya untuk antisipasi maka kamu harus punya rencana cadangan lain.

Kamu juga bisa sekedar membuka-buka website beberapa kampus pilihanmu, mungkin ternyata disana ada sesuatu yang lebih menarik perhatianmu. Atau ada hal-hal yang penting bagimu untuk kau ketahui.

2. Belajar Perisiapan Ujian Berikutnya, Jika Kemungkinan Harus Daftar dan Seleksi Lagi.

Untuk bisa masuk ke kampus favorit kamu, kamu jangan pantang menyerah. Entah nanti saat pengumuman hasilnya menggembirakan ataupun sebaliknya. Kamu harus tetap semangat, kamu harus tetap tegap menatap harapanmu kedepan. Maka selalulah belajar, walau sekarang sebenarnya sedang masa bagimu untuk menunggu pengumuman. Belajar materi-materi untuk ujian nanti. Jika kamu belajar materi apa yang kamu telah bisa, maka hal itu tentu lebih menguatkan ingatanmu. Atau saat ujian SBMPTN yang lalu, ada soal yang belum bisa kamu kerjakan. Ya, inilah waktu yang tepat bagimu untuk memecahkannya. Kita tidak tahu, mungkin saja di ujian berikutnya soal-soal seperti itu muncul kembali. Jadi nanti kamu benar-benar sudah siap menghadapi ujian berikutnya, sekalipun nanti kamu ternyata lolos SBMPTN. Toh tidak ada ruginya kamu belajar mendalami soal-soal itu. So, jangan malas belajar jika ingin mewujudkan kuliah di kampus favoritmu.

Lihat : Gambar Semangat Kuliah SBMPTN

3. Rajin Berdoa

Poin yang ketiga, kamu jangan lupa berdoa kawan. Jangan hanya berdoa di saat Hari H pengumuman, kamu hanya meminta kepada Allah disaat-saat krusial saja. Mintalah dari sekarang, mintalah selalu. Tentu tidak ada ruginya kamu berdoa. Karena sering kali banyak kawan-kawan yang lain hanya berdoa disaat hari H pengumuman, atau bahkan mau berdoa satu jam sebelum pengumuman. Atau lebih parahnya adalah saat mengklik hasil pengumuman di depan komputer. Ingatlah bahwa ada usaha maka harus ada doa, dengan doa semoga Allah memberi keberuntungan pada kita agar bisa meraih keinginan kita.

4. Tetap Jaga Kontak Dengan Teman-Temanmu

Kawan, jangan sampai setelah lulus kamu lost contact dengan para teman-temanmu. Atau setelah proses seleksi SNMPTN dan SBMPTN yang lalu, kamu tiba-tiba menghilang dari peradaban. Tetaplah sapa teman-temanmu, karena barangkali mereka mempunyai informasi-informasi yang sangat menarik. Informasi-informasi yang bisa memberikan alternatif bagimu untuk meraih cita-citamu yang keren itu. Atau kamu bisa juga mencoba membahas soal-soal yang kemarin telah dikerjakan, mungkin juga teman-temanmu itu punya koleksi soal dan pembahasannya dengan lebih lengkap. Intinya jangan malas komunikasi dan juga berbagi.

Baca Juga : 4 Tipe Pendaftar Perguruan Tinggi Negeri, Kamu termasuk yang mana?

0 Response to "Hal-Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Pengumuman SNMPTN atau SBMPTN"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.