Pengalaman Blog Dialihkan Setelah Custom Domain TLD Dan Cara Mengatasinya

"Anda telah dialihkan  Blog yang biasanya ada disini saat ini berada di http://www.agusjp.com/  Apakah anda ingin dialihkan? Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.   Ya ... Tidak"

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika baru saja custom domain. Dulu blog ini menggunakan sub domain blogspot yaitu www.mas-agusjp.blogspot.com, lalu saya berkeingan menggantinya menjadi www.agusjp.com . Tujuannya agar blog ini lebih tampil menawan dan lebih familiar serta mudah dalam mengingatnya, berharap juga bisa menambah trafik pengunjung ke blog saya ini. Oke itu sedikit intermezo saja, kembali ke judul yaitu tentang masalah yang pernah saya alami. Yaitu blog saya ini telah di alihkan, adanya tulisan seperti gambar di atas.

"Anda telah dialihkan
Blog yang biasanya ada disini saat ini berada di http://www.agusjp.com/
Apakah anda ingin dialihkan?
Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

Ya ... Tidak"
Saya pun cukup panik, mengapa bisa terjadi seperti demikian. Hal ini bisa mengakibatkan orang yang sedang menuju ke blog saya jadi terganggu, karena melihat tulisan seperti di atas. Bisa saja blog saya itu akan dianggap :
1. Sebagai blog yang tidak beres.
2. Sebagai blog yang berisi virus dan malware
3. Sebagai blog yang tidak layak, dll

Seperti itulah di antara ketakutan saya. Akhirnya setelah googling dan mencari informasi kesana kemari, hehehe. Saya pun mencoba berbagai hal. Hingga akhirnya memang blog ini berjalan normal, langsung ke redirect ke domain baru tanpa masalah. Berikut ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasinya, saya pun tidak tahu cara yang mana yang membuat blog saya ini bisa langsung ke redirect tanpa pemberitahuan seperti gambar di atas.. Oke berikut cara mengatasinya versi yang saya lakukan :

1. Mengganti semua link di homepage blog ke domain baru.

Kalau saya mengganti semua link di menu dropdown di halaman awal. Semua link yang awalnya berada di mas-agusjp.blogspot.com saya ganti menjadi agusjp.com. Caranya pun cukup mudah :

1) Buka dashboar blog dan pilih tema, lalu edit tema.
2) Ketik CTRL+F, lalu ketik alamat blog yang lama. Lalu enter, disitu kita tinggal mengganti dengan nama domain yang baru.
3) Klik simpan tema

2. Mendaftarkan kembali blog kita ke Google Webmaster Tool
Saya pun mencoba cara lain dengan mendaftarkan kembali ke Google Webmaster Tool, agar blog saya segera terindeks di google. Saya berpikiran mungkin saja domain blog saya yang baru ini belum terindeks oleh google sama sekali. Sehingga ada notifikasi "Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk Spam, Virus dan bentuk malware lainya"

3. Mengkaitkan Blog Ke Google Analytic
Cara berikutnya yang saya lakukan adalah dengan mengkaitkan blog saya ke google analytic. Anda bisa malukakukannya dengan masuk disini Google Analytic
Dari ketiga cara tersebut, alhamdulillah blog saya sudah tidak ada notif seperti gambar diatas ketika saya mencoba mengaksesnya sendiri. Hal ini tidak langsung bisa terlihat hasilnya, mungkin sampai sekitar 1-3 hari. Iya, saya pun tidak bisa memastikan apakah berhasilnya blog saya tidak ada tulisan seperti gambar di atas itu berkat 3 cara tadi. Karena memang saya hanya mencoba berbagai langkah-langkah tersebut daripada berdiam diri.

Oke selamat mencoba, semoga sobat semua yang mengalami hal yang sama seperti saya bisa teratasi masalahnya.



 

2 Responses to "Pengalaman Blog Dialihkan Setelah Custom Domain TLD Dan Cara Mengatasinya"

Hadi Prayitno said...

Aku juga mengalaminya mas

Agus JP said...

Ini Alhamdulillah, blog saya sudah tidak ada notif blog dialihkan mas.

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.