Apakah Mahasiswa Bidikmisi Wajib Lulus Tepat Waktu?

Tentu banyak yang mempertanyakan apakah mahasiswa bidikmisi harus lulus tepat waktu?

Jawabannya :
Ya setiap mahasiswa memang harus lulus tepat waktu, tak hanya mahasiswa bidikmisi. Terkhusus mahasiswa bidikmisi, jika berkaitan dengan penerimaan beasiswa bidikmisinya maka memang harus lulus tepat waktu. Jika jatah yang diberikan hanya 8 semester bagi jenjang S1, maka mahasiswa bidikmisi tersebut memang harus lulus 8 semester. Karena jika lulus melebihi 8 semester maka di semester berikutnya harus membayar sendiri semua biaya perkuliahan. Begitupun dengan pada jenjang D3 yang notabene hanya 6 sesemester, maka harus lulus 6 semester pula. Hal itu jika ingin segera lulus dan tidak terbebani dengan berbagai biaya kuliah yang ada di semester berikutnya.

Bagaimana jika mahasiswa bidikmisi tidak lulus tepat waktu ?

Jawabannya :
Jika mahasiswa bidikmisi tidak lulus tepat waktu di jenjang yang dipilihnya, otomatis harus membayar semua biaya kuliah di semester berikutnya. Terkait adanya sanksi atau tidak, hal itu tergatung kebijakan setiap kampus masing-masing. 

Apakah beasiswa bidikmisi bisa diperpanjang :

Jawabannya :
Selama saya kuliah, penerima beasiswa bidikmisi yang lebih dari 8 semester pada jenjang S1 dan 6 semester di jenjang D3 memperlihatkan bahwa mereka tidak bisa memperpanjang beasiswa bidikmisinya jika sudah terlewat batas keharusan lulusnya. Sehingga memang beasiswa bidikmisinya akan dihentikan.

Apakah tidak ada kebijkan untuk memberi solusi mahasiswa bidikmisi yang tidak bisa lulus tepat waktu agar tetap bisa membiayai kuliahnya?
Jawabannya :
Memang setiap program studi mempunyai kesulitan tersendiri, ada yang dengan mudah bisa lulus tepat waktu dan ada yang memang butuh perjuangan keras. Dari beberapa teman saya yang memang tidak bisa lulus tepat waktu, ada pula yang mendaftar kembali beberapa beasiswa yang lain. Seperti beasiswa PPA dan BBM. Mereka pun ada yang bisa mendapatkannya. Namun memang beasiswanya tidak sebesar beasiswa bidikmisi. Maka usahakanlah untuk bisa lulus tepat waktu, agar tak begitu terbebani dengan biaya kuliah.

Banyak memang hal yang membuat lulus tepat waktu itu kadang tidak bis terwujud, apalagi berkaitan dengan penyelesaian skripsi. Banyak yang berlama-lama dengan skripsinya, hingga tidak bisa lulus tepat waktu. Walaupun sebenarnya skripsi bukanlah sesuatu yang sangatlah sulit, kebanyakan memang berkaitan dengan semangat mengerjakannya. Banyak yang lama skripsinya, hal itu karena kemalasannya sendiri. Selain dari berbagai faktor lain yang mungkin tidak diprediksi, seperti sakit dan lain-lain. AJP pernah membahas tentang skripsi agar tidak berlama-lama, berikut artikelnya 8 Hal yang Membuat Skripsimu Jadi Lama dan Cara Menghadapinya.


2 Responses to "Apakah Mahasiswa Bidikmisi Wajib Lulus Tepat Waktu?"

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Agus JP said...

Terima kasih atas informasinya :)

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.