Kreasi dan Semaraknya Takbir Keliling Dukuh Ngerang Tambakromo Pati Tahun 2017 / 1438 H

 

Kali ini saya ingin bercerita tentang Takbir keliling dukuh Ngerang Tambakromo Pati. Sebuah dukuh dimana saya tinggal. Seperti tahun-tahun yang sebelumnya, di saat menjelang Idul Fitri maka di dukuh Ngerang diselenggarakan kegiatan takbir keliling dengan rute mengitari dukuh Ngerang sendiri. Walaupun hanya sebuah pedukuhan, namun Alhamdulillah dukuh Ngerang mampu menyelenggarakan Takbir Keliling dengan meriah. Adapun pesertanya terdiri dari tim-tim yang mewakili Masjid, Mushola atau RT masing-masing. Dalam takbir keliling tahun 2017 / 1438 H ini panitia menentukan tema Siksa Kubur dan Nikmat Surga untuk pembuatan kreasinya. Dalam penilaian para peserta takbir keliling diantaranya adalah yang paling utama yaitu kumandang takbir. Kemudian ada kekompakan, keseragaman, ketertiban, kreasi dan pesan yang disampaikan. Berikut sedikit dokumentasi meriahnya Takbir Keliling Dukuh Ngerang Tahun 2017 / 1438 H.
1. Mushola An-Nuur 

Tim peserta Mushola An-Nuur mengangkat Sub Tema pertanian sebagai bentuk nikmat Allah yang perlu kita syukuri. Dengan sebuah kreasi seseorang yang panen padi. Diiringi pula berbagai skenario orang-orang dimasa panen, seperti Bos Padi, petani yang panen, pengusung gabah, dll.
 


2. Mushola Baitur Rohmah

Tim Mushola Baitur Rohmah mengangkat Sub Tema Siksa kubur dengan penggambaran makhluk mnyeramkan berwarna merah. Diikuti dengan berbagai pengiring dengan spanduk-spanduk bertuliskan khusus.


3. Mushola Darul Falah

 Tim Mushola Darul Falah juga mengangkat sub tema siksa kubur, dengan penggambaran monster musang berekor sembilan. Selain itu yang menarik di tim ini adalah adanya penampilan penggambaran siksa Kubur dengan bentuk orang-orang yang dipukuli para malaikat penyiksa kubur. Dengan baju compang camping dan berlumuran darah.


4. Masjid Miftahul huda

Tim Masjid Miftahul Huda juga menampilkan pengambaran makhluk menyeramkan dengan begitu besar berwarna kuning. Bentuk kreasi monster yang mampu bergerak. Selain itu para pesertanya juga mengenakan kostum pocong, sehingga nampak begitu dramatis. 


5. Mushola Miftahur Rohmah

Tim Mushola Miftahur Rohmah ini juga menampilkan penggambaran seekor gurita besar yang melilit berbagai orang. Sebagai wujud penggambaran siksa Kubur. 


 6. Mushola Ngerang

Tim Mushola Ngerang ini menampilkan peragaan yang hampir sama dengan masjid Miftahul Huda yang menampilkan bentuk pocong-pocong. Perbedaannya adalah bentuk makhluk yang dibuat menyeramkan berwarna hijau.



7. Mushola Nurul Qur'an

Tim Mushola Nurul Qur'an membuat kreasi makhluk seperti serigala yang berkepala tiga. Seekor makhluk yang digambarkan menyeramkan dengan warna merah menyala dengan nampak taring-taringnya. 


 8. Tim RT. 04 RW. 04

Tim RT. 04 RW. 04 ini juga mengangkat sub tema siksa kubur dengan penggambaran ular naga yang menggigit manusia. Sebuah pengambaran siksa yang begitu pedih di alam kubur bagi orang-orang yang suka berbuat maksiat.
 



Demikianlah semarak takbir keliling dukuh Ngerang Tambakromo dengan berbagai kreasi yang syarat pesan-pesan moral bagi kita semua. Semoga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dan kegembiran bagi umat islam yang bersuka cita. Serta memberikan barokah kepada semuanya.

0 Response to "Kreasi dan Semaraknya Takbir Keliling Dukuh Ngerang Tambakromo Pati Tahun 2017 / 1438 H"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.