Fasilitas dan Alat Kearsipan

Dalam kegiatan Kearsipan, terdapat banyak istilah dan alat-alat yang digunakan untuk mengarsip. Kebanyakan dari nama tersebut masih asing bagi orang-orang yang awam tentang dunia kearsipan. Bagi kamu yang sekarang sedang mengambil jurusan Administrasi Perkantoran, di bawah ini kami berikan penjelasan tentang istilah dan nama alat-alat kearsipan.
1. Alat sorti
Alat yang digunakan untuk memisahkan surat/warkat yang diterima, diproses, dikirimkan, dan disimpan ke dalam folder.

2. Caption

Suatu nama atau nomor yang digunakan untuk mengidentifikasikan dokumen/arsip untuk tujuan penyimpanan (filing).

3. Cardex

Alat yang digunakan untuk menyimpan kartu indeks dengan menggunakan laci-laci yang dapat ditarik keluar memanjang. Di dalam cardex terdapat semacam kantung plastik tempat menyimpan kartu index.


4. Duplikasi


Salinan atau tembusan (surat) yang serupa benar (mirip) dengan arsip aslinya.



5. Filing cabinet


Lemari arsip yang terdiri dari beberapa laci, antara 1-6 laci atau lebih.


6. Financial record


Arsip-arsip yang berisi catatan-catatan mengenai masalah keuangan.

7. Folder
Map yang tidak dilengkapi dengan daun penutup. Map ini berupa lipatan kertas tebal/plastik saja. Karena tidak ada daun penutupnya, maka map ini fungsinya untuk menyimpan arsip yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak arsip secara vertikal.


8. Guide


Lembaran kertas tebal atau karton manila yang digunakan sebagai penunjuk dan atau sekat/pemisah antara jenis subjek/klasifikasi dalam penyimpanan arsip.


9. Hanging folder

Folder yang mempunyai besi penggantung. Fungsi besi penggantung ini adalah untuk dipasang pada gawang/pengait yang ada di dalam filing cabinet.



10. Inventory record


Arsip-arsip yang berhubungan dengan masalah barang inventaris.



11. Kartu indeks


Kartu yang berisi identitas suatu arsip/warkat yang disimpan.


12. Map snelhecter


Map yang mempunyai penjepit di tengah map. Map ini tidak mempunyai daun penutup. Arsip yang akan disimpan di dalam map snelhecter terlebih dahulu dilubangi dengan menggunakan perforator.


13. Numerator


Alat untuk membubuhkan nomor pada lembaran dokumen (cap nomor).


14. Ordner


Map besar dengan ukuran punggung sekitar 5 cm yang di dalamnya terdapat besi penjepit. Arsip yang akan disimpan di dalam ordner terlebih dahulu dilubangi dengan menggunakan perforator.


15. Out slip


Lembaran/formulir yang digunakan untuk mencatat setiap peminjaman arsip.


16. Out folder


Satu map pengganti untuk ditempatkan di tempat map yang telah dipinjam.


17. Perforator


Alat untuk melubangi kertas/kartu.


18. Personal record


Arsip yang berhubungan dengan masalah kepegawaian.


19. Production record


Arsip-arsip yang berhubungan dengan masalah produksi.


20. Rotary


Alat semacam filing cabinet tetapi penyimpanan arsipnya dilakukan secara berputar. Alat ini dapat digerakkan secara berputar sehingga dalam penempatan dan penemuan kembali arsip tidak banyak memakan tenaga. Alat ini terbuat dari bahan yang kuat, dari logam atau besi, dan arsip disimpan pada alat ini secara lateral.



21. Sales record


Arsip-arsip yang berhubungan dengan masalah penjualan.


22. Stapler


Alat yang digunakan untuk menyatukan sejumlah kertas.


23. Standarisasi


Penyesuaian bentuk (ukuran, kualitas) dengan pedoman/standar yang telah ditetapkan.



24. Stopmap folio



Map yang memiliki daun penutup pada setiap sisinya. Daun penutup ini berfungsi untuk menopang surat yang ada di dalamnya agar tidak jatuh.



25. Tickler file


Alat semacam kotak yang terbuat dari kayu atau besi baja untuk menyimpan arsip berbentuk kartu atau lembaran yang berukuran kecil, seperti lembar pinjam arsip atau kartu-kaartu lain yang memiliki jatuh tempo.


26. Roll O'Pack


Lemari arsip dengan penggerak mekanik dan index sistem. Memudahkan dalam penyimpanan, pencarian dan penghematan ruang. Efektif digunakan untuk perusahaan yang memiliki arsip berjumlah sangat banyak


27. Kartu Tunjuk Silang


Adalah alat bantu dalam menemukan arsip selain dengan kartu indeks. Digunakan untuk arsip yang mempunyai lebih dari satu judul/caption/nama; dan jika arsip/surat yang disimpan memiliki lapiran dokumen lain yang disimpan di tempat berbeda.

Istilah-istilah di atas akan selalu kamu jumpai di dalam kegiatan kearsipan. Beberapa alat seperti perforator pasti sudah kalian kenal sebelumnya dengan nama pembolong kertas, dan perforator adalah nama yang benar untuk alat tersebut

0 Response to "Fasilitas dan Alat Kearsipan"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.