Ngerangan, Pasar Malam Sepanjang 1,5 Km Yang Layak Kamu Kunjungi



Ngerangan, Pasar Malam Sepanjang 1,5 Km Yang Layak Kamu Kunjungi
Foto : Kinco Hutomo
  
Di kabupaten Pati bagian selatan, pada bulan dzulhijah ada sebuah pusat keramaian baru. Sebuah pusat keramaian yang insya'allah selalu ada setiap tahunnya. Pusat keramaian itu berada di dukuh Ngerang, Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo. Pusat keramaian itu berupa pasar malam yang mempunyai rute yang memanjang sekitar 1,5 Km dari ujung selatan dukuh Ngerang hingga sampai di pertigaan dekat Pasar Tambakromo. Karena lokasinya yang berada di dukuh ngerang, maka banyak warga luar daerah yang menyebutnya sebagai Ngerangan. Namun warga lokal juga menyebutnya Suronan.

Pasar malam ini adalah sebuah dampak baik (berkah) dari acara tahunan yang diselenggarakan oleh warga dukuh Ngerang yaitu acara Haul Nyai Ageng Ngerang. Nyai Ageng Ngerang Sendiri adalah seorang waliyullah yang sangat dimuliakan di daerah Pati. Ia adalah sosok di antara penyebar islam di masa lampau di kabupaten Pati, terutama di daerah kawasan Pati Selatan. Haul itu sendiri diselenggarakan setiap tanggal 1 Muharrom.

Pesona Ramainya Pasar Malam
Dimulai di awal bulan Dzulhijah atau bulan besar dalam kalender Jawa. Banyak pedagang dari luar daerah mulai berdatangan mendirikan lapak-lapaknya di sepanjang jalan dari mulai depan Masjid Jami' Al-Ikhlas Dukuh Ngerang hingga sampai dekat pertigaan pasar Tambakromo. Para pedagang itu menjajakan berbagai macam barang yang siap anda beli. Dari mulai perabotan rumah, baju, mainan anak hingga berbagai macam aksesoris yang siap anda beli. Pasar malam ini akan mulai ramai setelah tanggal 10 Dzulhijah atau setelah solat Idul Adha. Nantinya sepanjang jalan akan ditemui berbagai padagang yang sangat rapat satu sama lain. Hingga pengunjung pun mulai membludak dari hari ke hari. Menginjak H-10 dari acara haul, biasanya jalan raya akan mulai ditutup untuk semua kendaraan. Jadi pasar malam itu hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki. Tujuannya agar pengunjung merasa nyaman untuk berjalan-jalan dan tidak terganggu dalm menikmati pasar malam.

Pusat Keramaian
Pusat keramaian dari pasar malam ini adalah adanya berbagai macam wahana komedi putar. Lokasinya berada di ujung paling selatan dukuh Ngerang. Tepatnya berada di lapangan di depan masjid Jami' Al Ikhlas Dukuh Ngerang. Terdapat berbagai macam wahana komedi putar yang bisa anda coba. Dari yang sederhana sampai yang menantang andrenalin. Seperti : ombak banyu, dermolen, roda-roda gila, kincir angin, rumah hantu / gedung setan, kora-kora dll.

(Baca juga : Rangkaian Acara Haul Nyai Ageng Ngerang Kabupaten Pati)





Tempat Parkir
Mulai menginjak H-15 biasanya para pemuda dukuh ngerang sudah kompak membuat parkir yang dikelola secara terpadu di tempat-tempat strategis menuju lokasi keramaian. Anda bisa memarkirkan kendaraan disana yang biasanya hanya dikenakan tarif dua ribu rupiah. Sehingga anda bisa menikmati pasar malam dan jalan-jalan dengan tenang tanpa memikirkan kendaraan anda hilang. Biasanya menjelang H-5 maka tarif parkir akan naik sekitar lima ribu rupiah. Tersedia banyak lokasi parkir yang bisa anda pilih. Ada sekitar sepuluh lokasi parkir yang disedikan panitia. Anda bisa memarkirkan sesuka anda, tergantung dari mana anda berangkat atau ingin memposisikan di dekat pusat keramaiannya.

Akses Lokasi ke Dukuh Ngerang
Bagi anda yang berasal dari luar daerah kecamatan Tambakromo, maka sebenarnya lokasi dukuh Ngerang ini sangat mudah ditemukan. Karena dukuh Ngerang merupakan bagian dari desa Tambakromo itu sendiri, tepat di jantung kecamatan. Jika anda berasal dari daerah kayen, sukolilo, atau yang searah. Maka anda cukup mengarah ke timur dari pasar Kayen sekitar 6 Km saja. Lalu jika anda dari arah utara, kota Pati dan sekitarnya. Maka anda perlu menuju ke arah selatan dari terminal Kembang Joyo Pati sekitar 13 Km.
 
Akses Jalan Bagi Para Peziarah
Bagi anda yang ingin berziarah ke makam Nyai Ageng Ngerang, maka anda tidak perlu khawatir bakal terganggu dengan adanya pasar malam ini. Karena dari pihak desa dan panitia sudah menyediakan jalur khusus untuk anda agar bisa sampai lokasi Makam Nyai Ageng Ngerang dengan mudah. Akses jalan diberikan di sebelah barat desa dengan dipasangi beberapa papan penunjuk arah. Jalan tersebut tidak akan melewati pasar malam secara keseluruhan karena mempunyai rute yang berbeda. Jadi saat anda di arahkan untuk memakai jalur alternatif tersebut maka ikutilah petunjuknya. Jika anda memaksa melewati jalan keramaian, maka anda malah bisa memakan waktu hingga berjam-jam.

Demikian uraian dari saya, semoga bisa menambah informasi bagi anda yang ingin berkunjung ke Ngerangan, sebuah pasar malam yang sangat layak untuk anda kunjungi. Serta bisa membuat anda tergugah untuk datang berziarah ke makam Nyai Ageng Ngerang, salah satu waliyullah yang sangat dimuliakan di daerah Kabupaten Pati.

(Baca juga : Rangkaian Acara Haul Nyai Ageng Ngerang Kabupaten Pati)

0 Response to "Ngerangan, Pasar Malam Sepanjang 1,5 Km Yang Layak Kamu Kunjungi"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.