7 Alasan Memilih Kuliah Di Unnes, Bagi Kamu Yang Sedang Ingin Daftar Kuliah.



Kali ini AJP mau berbagi pengalaman terkait kuliah. Ceritanya dahulu ketika sudah menjelang kelulusan di SMA, jadi bingung mau kemana, mau lakukan apa. Hingga akhirnya terbersit untuk kuliah juga, tetai juga bingung mau kuliah dimana. Bingung, karena memang entah siapa yang harus ditanya. Informasi itu memang penting untuk kita ketahui, agar nantinya bisa tepat memilih tempat kuliah. Oke cukup deh basa-basinya, dari itu kiranya penting juga AJP sampaikan tentang alternatif pilihan kuliah bagi kamu yang ingin kuliah. Unnes, Universitas Negeri Semarang yang tak lain adalah kampus Almamater saya sendiri.

Berikut AJP sampaikan 7 Alasan Memilih Kuliah Di Unnes :

1. Unnes itu kampus negeri yang favorit

Sebagai kampus negeri, memang banyak diminati oleh orang-orang yang mau kuliah. Unnes pun demikian, tidak dipungkiri lagi bahwa kampus di kota Semarang ini merupakan sebuah kampus yang banyak di favoritkan banyak lulusan SMA. Hal itu terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar dari SNMPTN, SBMPTN ataupun dari jalur seleksi mandiri dengan jumlahnya yang fantastis. Di tahun 2016 lalu menempati urutan ke-enam sebagai kampus dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak Se-Indonesia dengan jumlah 52.121 siswa. 

Dari rankingnya, Unnes pun memiliki capaian yang bagus. Dari versi webrometric , Unnes berada pada posisi ranking ke-26 di Indonesia. Lalu dari Unirank , Unnes berada di rangking ke-18 di Indonesia. Sedangkan pemeringkatan dari data yang diupload oleh Dikti, Unnes menempati peringkat ke.17 (Datanya bisa dilihat disini). Tentu rangking tersebut akan naik turun seiring berkembangnya antar kampus. Namun dari urutan 30 besar itu, bisa memberikan nilai yang baik jika dinilai dari banyaknya jumlah kampus di Indonesia yang sudah mencapai tiga ribuan kampus.

2. Unnes itu hampir semua program studinya sudah dapat nilai akreditasi A.

Hal yang sangat yang harus kamu perhatikan saat memilih kampus adalah seperti apa akreditasi yang dimilikinya. Kamu bisa mengeceknya di langsung di website badan akreditasi nasional perguruan tinggi. Alamat webnya adalah sebagai berikut, cek akreditasi perguruan tinggi. Oke kalau sudah kamu bisa lihat-lihat kira-kira seperti apa akreditasinya. Tinggal ketik kampusnya, ketik prodinya lalu pilih jenjangnya. Kalau di Unnes banyak sekali yang sudah berkareditasi A. Seperti halnya program studi yang saya pilih, yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran yang mendapat nilai A.  


3. Unnes itu kampusnya sejuk, tahu kenapa? Karena Unnes itu merupakan salah satu diantara kampus terhijau di Indonesia.

Jika kita sampai di Unnes, kita bisa melihat jejeran pepohonan sepanjang jalan. Apalagi di sekitar taman-taman Unnes, rasanya kadang seperti di hutan juga. Namun bedanya pepohonan itu tertata rapi. Walau banyak pohon, jangan dikira tempatnya akan seperti tempat yang menyeramkan. Karena memang ada pula yang bersifat terbuka dengan sedikit pohonnya. Dalam hal hijaunya lingkungan ini, menurut data dari UI Greenmetric menempatkan Unnes sebagai kampus ke-4 terhijau se Indonesia. Urutan pertama adalah Universitas Indonesia, Insitut Pertaniasn Bogor di urutan kedua, Universitas Diponegoro di urutan ketiga. 

4. Biaya hidup di Unnes itu begitu terjangkau.

Sebagai bahan pertimbangan juga, karena hal ini biasanya juga begitu mempengaruhi pilihan. Dari pengalaman selama kuliah selama ini di Unnes, biaya hidup bisa AJP katakan begitu terjangkau. Dengan uang lima ribu saja sudah cukup membeli makan nasi + lauk + segelas es teh manis. Hehehe tentu hal itu bisa dikatakan begitu murah, mungkin kamu nanti bisa sampai nambah nasi hingga dua piring dan beberapa gelas es teh. Walaupun letaknya yang masih dalam cakupan kota Semarang, namun memang lokasi kampus Unnes yang berada di kelurahan Sekarang Gunung Pati ini bisa dibilang cukup kontras dengan hiruk pikuk perkotaan. Lingkungan sekitar yang masih berupa desa-desa yang asri, membuat biaya hidup cukup terjangkau. 



5. Beasiswa di Unnes itu banyak sekali, beberapa tahun terakhir jumlah penerima beasiswa bidikmisinya terbanyak se-Indonesia. 

Bagi kamu yang merasa kesulitan dalam segi biaya, atau kamu yang punya banyak prestasi. Tentu adanya beasiswa sangat kamu inginkan. Pengalaman AJP juga, sebagai seorang yang mengejar beasiswa juga. Ya, dahulu saya kuliah dengan mendaftar program bidikmisi. Beasiswa bidikmisi di Unnes bisa dikatakan di antara salah satu kampus yang terbanyak mendapatkan jatah bidikmisi dari pemerintah. Selain bidikmisi, masih banyak pula beasiswa yang lainnya. Seperi beasiswa PPA dan BBM. Sebagai informasi tambahan, Unnes juga mencetakkan rekor MURI di Indonesia dengan jumlah mahasiswa penerima beasiswa adalah 20% dari jumlah mahasiswanya.  

6.  Biaya untuk ngekos begitu murah, hanya satu jutaan pertahun.

Untuk hanya sekadar standar anak kos-kosan, memang warga di sekitar Unnes memberikan harga yang begitu relatif murah. Dahulu pada tahun 2011, saya hanya membayar satu juta untuk satu tahunnya. Memang sampai dengan tahun 2017 ini sudah naik juga, karena memang setiap tahun pastilah mengalami kenaikan harga. Dari teman-teman dan adik kelas yang saya cari informasinya, biayanya sekarang sekitar satu setengah jutaan saja pertahun. 

Ada harga murah, ada pula harga mahal. Ada pula kos-kosan yang berstandar tinggi dengan range harga diatas tiga jutaan. Tentu setiap orang punya selera dan kenyamanan tersendiri. Hal itu tegantung kemampuan dan kondisi keuangan kita. Namun bagi kamu yang mencari biaya ngekos yang relatif terjangkau, memang di sekitar Unnes menjadi salah satu lokasi yang bagus. Bahkan banyak sekali mahasiswa yang kuliah di bagian Semarang kota, lebih memilih ngekos di area Unnes dengan alasan biaya.

7. Terpenting, fasilitas yang dipunyai Unnes bisa dikatakan sangat lengkap untuk menunjang kuliahmu.

Hal yang memang sangat diutamakan dalam memilih sebuah kampus adalah tentang berbagai fasilitas yang disediakan. Hal itu tentu menjadi faktor penunjuang pembelajaran yang sangat utama demi suksesnya perkuliahan. Kalau dari pengalaman AJP sendiri, di Unnes itu begitu lengkap juga. Di setiap ruang kelas, disediakan sebuah LCD proyektor. Mungkin hanya ada satu dua yang tidak terpasang secara permanen, hingga LCDnya bersifat portable. Di berbagai sudut tersedia konektifitas Wifi. Hingga bisa kamu manfaatkan untuk browsing menunjang kuliahmu. 

Secara lebih detailnya, diantaranya adalah sebagai berikut  ini. Di bidang akademik terdapat fasilitas perpustakaan besar, ruang kuliah yang representatif, Laboratorium, Balai Bahasa, Sistem Akademik Terpadu (SIKADU), E-journal, E-Learning. Untuk layanan bagi mahasiswanya, Unnes juga mempunyai asrama-asrama. Fasilitas untuk sarana olahraga terdapat lapangan sepak bola, kolam renang, lintasan atletik, lapangan hoki, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli, lapangan softball, panjat tebing, Golf Range. Untuk fasilitas Umum terdapat Masjid Ulul Albab, GSG (gedung parkir pusat, bank, dan minimarket), Kantor pos, Poliklinik.



Saya sendiri, Unnes sebagai sebuah kampus yang begitu saya suka adalah tentang sistem onlinenya. Dimana berbagai kegiatan kemahasiswaan dilakukan dengan via online.  Bayar-bayar online, pesan mata kuliah online, isi KRS online, dan yang lainnya serba online. Hingga mengurangi aktifitas kita yang harus kesana kemari atau antri di loket. Apalagi jika kita berasal dari kota yang jauh. Tentu sistem seperti ini dapat memudahkan kita.

Dari segi fasilitas lainnya, ada kolam renang, taman, lapangan sepakbola, lapangan tennis, minigolf, wallclimb, serta bebagai fasilitas penunjang aktifitas lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Hal itu karena memang lokasi dan area Unnes yang begitu luas. Mmm entah apalagi fasilitas yang harus saya sebutkan, mungkin kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Unnes bisa langsung menuju ke alamat webnya langsung di www.unnes.ac.id .

Oke demikian yang bisa AJP bagikan, semoga bisa menambah informasi dan referensi untuk pilihan kuliah bagi kamu. Tetap semanngat, semoga bisa lolos seleksi di kampus pilihanmu. Serta yang terpenting semoga itu bermanfaat nantinya bagi kamu.

0 Response to "7 Alasan Memilih Kuliah Di Unnes, Bagi Kamu Yang Sedang Ingin Daftar Kuliah."

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.