Share Pengalaman Penting !!! Kenali Modus Penipuan di Facebook Yang Minta Password dan Pinjaman Uang.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang penipuan di facebook, yang saya amati sedang melanda banyak teman saya. Bukan hanya teman saya, karena memang saya sendiri korbannya. Jadi semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran dan rincian, sehingga sobat tidak menjadi korban berikutnya. Tulisan ini akan membahasa tetang modus penipuan pengambilan akun facebook dan modus penipuan peminjaman uang dari teman sendiri, serta tips untuk mencegah dan mengatasinya.

Share Pengalaman Penting !!! Kenali Modus Penipuan di Facebook Yang Minta Password dan Pinjaman Uang.


1. MODUS PENIPU, MENGAMBIL AKUN FACEBOOK
 
Suatu sore ada teman yang saya yang tiba-tiba ngechat via facebook, dia bilang ingin melakukan recovery akun facebook miliknya melalui akun-akun milik temannya sejumlah 60 orang. Salah satunya, dia bilang yang didaftarin adalah akun facebook milik saya. Dia pun meminta password dan email saya. Awalnya saya ragu juga, dan memberikan opsi untuk saya berikan akun saya yang sudah jarang dipakai. Namun ia bersikeras dan menggunakan berbagai rayuan, agar saya mau memberikan email dan password saya. Akhirnya karena saya merasa sungkan, dan merasa bahwa yang chat saya itu adalah orang yang baik. Serta sejarah pertemanan saya dan dia baik pula, maka saya memberikan email dan password facebook saya. Dia bilang hanya butuhh 5 - 7 menitan saja, namun setelah saya memberikan akun saya itu.

Lebih dari 10 menit tidak ada kabar, saya pun bersiap untuk mengganti password faceboook milik saya. Namun, ternyata hal yang mengejutkan saya terjadi. Aplikasi mesengger di HP saya tiba-tiba keluar, berarti akun saya telah diganti. Benar saja, saya sudah tidak bisa login dengan akun saya. Tertulis pemberitahuan,

"Anda masuk dengan password lama, password telah diganti 17 menit yang lalu"

Di sela-sela kepanikan, saya segera memilih opsi pengamanan akun. Lalu membuka email akun facebook milik saya. Benar saja, ada banyak pemberitahuan bahwa akun facebook saya telah dipakai orang lain, sandi berubah, dan nomor HP telah dihapus. Kesimpulan cepat yang saya dapat, "Orang yang meminta akun facebook saya, itu adalah bukan teman saya." artinya BAHAYA TINGKAT TINGGI. Namun karena saya punya kontrol penuh dengan email saya, maka saya bisa mengamankan akun facebook saya kembali dan merubah passwordnya dengan lebih rumit lagi.

MODUS PENIPU SECARA SINGKAT :
1. Menggunakan akun facebook teman kita, karena akun teman kita sudah dihack terlebih dahulu.
2. Meminta password dan email miliki kita, dengan alasan recovery akun facebook miliknya.
3. Begitu pintar merayu dan memelas. Sehingga kita sungkan menolaknya.

TIPS MENGATASI PENIPUAN AKUN FACEBOOK ATAS NAMA TEMAN
1. Jangan mudah memberikan akun facebook milik kita, sekalipun itu permintaan dari teman kita sendiri. Jika itu terjadi ketika kita dichat hal demikian, mungkin kita bisa segera menghubungi teman kita via nomer teleponnya secara langsung. Bisa jadi akunnya telah diretas oleh orang lain.
2. Jangan pernah lupa dengan akun email milik kita yang terhubung ke facebook, selalu catat dan ingat emaildan passwordnya. Karena banyak dari kita yang mengabaikannya. 
3. Aktifkan pengamanan dua langkah yang tersedia di akun email kita. Pengamanan login dengan menggunakan kode yang dikirim ke nomor HP milik kita dahulu sebelum masuk, jika perangkat yang dipakai tidak biasanya.

2. MODUS PENIPUAN PEMINJAMAN UANG DARI TEMAN FACEBOOK.

Kasus ini juga berhubungan dengan kasus di atas, setelah facebook yang kita punya digunakan oleh orang lain. Maka akun kita bisa disalahgunakan oleh sang penipu itu. Hal itu juga terjadi di akun saya yang pernah diambil alih itu. Setelah diretas selama beberapa puluh menit itu, dan saya bisa mengambil alihnya. Terdapat banyak sekali histori chating yang tertera. Betapa terkejutnya saya, ketika akun saya dipakai untuk meminjam uang kepada banyak teman facebook saya. 

Share Pengalaman Penting !!! Kenali Modus Penipuan di Facebook Yang Minta Password dan Pinjaman Uang.


MODUSNYA :
1. Mengaku sebagai diri kita
2. Menanyakan punya uang di ATM atau tidak
3. Minta tolong dipinjami uang dengan alasan beragam, lalu disuruh transfer ke rekening milik temannya.

TIPS MENCEGAHNYA :
1. Jika ada teman yang minta pinjaman via facebook, lebih baik kita segera menelponnya atau sms dirinya. Apakah benar itu dirinya, atau kita bisa langsung mendatangi rumahnya. Atau memintanya yang datang.

2. Jangan mudah untuk mentransfer uang. Untuk kasus saya, alhamdulillah teman-teman saya belum ada yang menjadi korban pengiriman uang. Namun ternyata setelahh saya cari informasi, banyak akun yang telah diretas telah menimbulkan korban yang telah mentransfer uang ke rekening tertentu.

3. Sebelum bertatap muka atau sudah berinteraksi langsung dengan teman kita, maka jangan mentransfer uangnya. Bisa jadi itu memang bukan teman kita, namun bisa jadi itu juga memang teman kita yang butuh uang.

KELEMAHAN YANG KITA MILIKI :
1. Biasanya kita sungkan terhadap teman kita (Padahal akun itu telah diretas), kita sungkan menolak permintannya. Karena merasa telah berteman dengan dia cukup lama, apalagi akun yang dipakai adalah keluarga kita sendiri atau sahabat kita sendiri. Maka mengeceknya itu perlu, bisa bertanya langsung, bisa lewat akun lain, bisa via telepon.

2. Saking baiknya diri kita, kita dengan mudah ingin membantu teman kita. Niatan ingin membantu dan membuatnya senang, bisa jadi dimanfaatkan oleh sang penipu. Maka jika tiba-tiba ada suatu yang aneh dari teman kita lewat akun medsosnya, maka kita perlu waspada. 

3. Sang penipu begitu pintar memahami percakapan kita sebelumnya, hingga bahasa yang ia gunakan seolah begitu mirip dengan bahasa kita. Entah itu panggilan khusus atau gaya penulisan teksnya. Bahkan seolah begitu akrab dengan kita. Perbedaannya adalah hanya ditopik tentang peminjaman uang atau permintaan akun dan apssword.

4. Kurangnya pengamanan di akun milik kita, entah itu password yang begitu mudah diretas, Atau bahkan kita sendiri sering lupa-lupa ingat dengan passwornya. Tak hanya itu, kita juga sering melalaikan akun email milik kita. Maka perlulah kiranya diri kita membuat akun beserta password yang rumit serta mencatatnya agar tidak lupa, baik di facebook dan emailnya.

PERMOHONAN BAGI YANG MEMBACA TULISAN INI :
Ada baiknya tulisan sederhana ini sobat beritahukan ke teman-teman sobat, semoga bisa membuat teman-teman kita yang lain lebih hati-hati dan tidak menjadi korban selanjutnya. Terima kasih jika bersedia membagikan tulisan ini, boleh dicopas atau dishare secara langsung, terserah sobat semua.
*semoga akun teman-teman kita yang sedang diambil alih bisa pulih kembali ke tangan pemiliknya yang asli, dan sang penipu diberi kesadaran oleh Allah SWT agar segera bertobat atas kejahatannya.


 

0 Response to "Share Pengalaman Penting !!! Kenali Modus Penipuan di Facebook Yang Minta Password dan Pinjaman Uang."

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.