Tips Cara Konsisten Membuat Postingan di Blog


Tips Cara Konsisten Membuat Postingan di Blog

Mempunyai blog adalah salah satu  hal yang menyenangkan. Kita bisa menuliskan apa saja yang kita inginkan. Namun kadang kala yang jadi masalah adalah tentang diri kita yang tidak bisa konsisten dalam menulis. Bahkan mungkin di awal-awal ngeblog, kita akan dihadapkan dengan rasa malas dalam membuat postingan. Adapula yang begitu semangat, namun juga sulit mendapatkan ide dalam menulis. Hal itu sih wajar, karena memang diri kita belum terbiasa. Sesuatu yang belum terbiasa itu biasanya akan terasa berat.

Tentu diri kita tidak ingin blog yang kita buat akhirnya malah kosong begitu saja. Apalagi bagi diri kita yang punya harapan bisa mendapatkan viewer dan pengunjung yang banyak di blog kita. Hingga nantinya bisa kita monetisasi agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog kita.

Kali ini saya ingin membagikan beberapa tips cara agar bisa konsisten menulis di blog yang kita punya, hal ini berdasarkan pengalaman saya dalam ngeblog serta hal-hal yang saya simpulkan dari para blogger lain. Eh ya, sebagai informasi penyemangat saja. Untuk sekarang ini saat postingan ini dibuat, saya telah berhasil membuat lebih dari 2000 postingan di beberapa blog. Baik itu di blog yang saya kelola sendiri maupun blog atau website milik orang lain. Jumlah yang menurut saya juga sangat banyak. Oke semoga, tips saya di bawah ini bisa bermanfaat.

1. Menuliskan Ide Yang Terlintas di Pikiran Dalam Catatan Kecil

Di awal ngeblog, biasanya kita bingung akan menulis apa. Apa yang pantas kita tulis, atau apa yang bisa kita tulis. Kecuali kita sudah punya mentor, maka kita akan diarahkan. Tulis saja yang ini, tulis saja yang itu. Namun bagi diri kita yang belajar sendiri, tentu akan bingung juga. Hal yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, adalah dengan menuliskan ide tulisan yang kadang terlintas di pikiran. Pasti sobat pernah tiba-tiba terlintas dipikirannya, suatu bahan tulisan yang kelihatannya sangat bagus jika ditulis. Maka, dengan menuliskan ide tersebut ke dalam coretan-coretan kecil. Hal itu sungguh sangat berarti. Kita bisa mengingatnya memang walau tanpa di tulis, tapi tentu kita bisa lupa. Kalau kita menuliskannya dalam sebuah lembaran, niscaya bisa jadi bahan pengingat saat kita sedang mood menulis.

Kita bisa menulis list ide tersebut dalam buku, bisa dalam lembaran-lembaran kecil, atau dalam notepad di komputer kita. Saat kita sudah mood menulis, maka kita tinggal menulis postingan sesuai ide-ide yang kita tuliskan. Walau mungkin semua list idenya tidak dapat tertulis semua, namun pastinya ada satu dua yang bisa jadi sebuah postingan baru.

2. Menulis Daftar Tulisan yang Akan Kita Buat

Pada poin yang kedua ini ada hubungannya dengan poin yang pertama. Jika di poin pertama kita menuliskan ide yang kadang terlintas. Di poin kedua ini kita dengan sengaja mencari ide dan membuat daftar judul atau ide yang akan kita tulis. Di poin kedua ini kita tidak menunggu ide datang sendiri, namun kita melakukan perencanaan tentang apa-apa yang akan kita tulis. Contohnya seperti ini :

- Cara membuat kue donat
- Cara menghias toping donat
- Cara membuat kue bolu
- Cara membuat kue menjadi mengembang sempurna

Kira-kira seperti di atas, jika kita punya hobi dalam memasak atau punya pengetahuan dalam memasak. Hal itu bisa kita list, agar memudahkan dalam pembuatan postingan yang konsisten.

3. Menjadwalkan Membuat Postingan

Setelah kita membuat daftar ide tulisan yang akan kita buat. Maka untuk bisa tetap konsisten, maka kita bisa menjadwalkan diri kita sendiri dalam menulis. Kita bisa menjadwalkan frekuensinya, berapa kali dalam seminggu. Di awal-awal, mungkin kita bisa menargetkan untuk bisa membuat 1 postingan per minggunya. Kalau semangat mungkin bisa juga lebih. Kita menjadwalkan diri kita di tengah berbagai rutinitas yang lain, mungkin pas hari libur, atau setiap malam, atau di hari-hari tertentu. Pastinya kita sendiri yang tahu tentang jadwal kesibukan kita. Selain itu, biasanya di awal ngeblog itu kita tidak bisa mentuntaskan satu postingan dalam sekali duduk. Mungkin butuh beberapa kali menatap komputer atau HPnya agar postingan itu jadi. Hal itu bukan masalah, itu wajar saja.

4. Menulis Saja Tanpa Banyak Memikirkan Komentar Orang

Salah satu hal yang mengahalangi kekonsistenan kita di awal ngeblog adalah kekhawatiran kita terhadap komentar orang lain. Kita takut karya kita tidak bagus dinilai orang. Kita khawatir karya kita dinilai lucu atau jelek dipandang orang. Dulunya saya juga demikian, takut dan khwatir jika akan dibully orang lain. Apalagi netizen itu begitu semangat dalam mengkomentari karya orang hehehe. Hemmm, namun itu jangan dibesar-besarkan sebagai sebuah masalah. Just do it, tulis saja karya kita. Sebuah karya memang awalnya jelek, semua orang hebat niscaya mengalaminya. Namun jika kita terus berkarya, niscaya akan terlatih dan hasilnya semakin baik pula.

5. Menghargai Karya Kita

Poin kelima, hargailah karya kita sendiri. Saat kita bisa menghargai tulisan-tulisan kita sendiri, niscaya kita akan menjadi lebih semangat dalam membuat tulisan-tulisan baru. Jangan terlalu bandingkan dengan tulisan orang lain yang mungkin terlihat lebih bagus dan keren. Tetap menulislah dan menghargainya, suatu saat tulisan kita juga akan berkembang sedemikian rupa. Jangan terlalu merendah karena blog orang lain nampak lebih bagus, keren dan lengkap. Nikmatilah blog kita sendiri, mungkin suatu saat kita justru bisa lebih hebat darinya.

Oke demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Konsisten Membuat Postingan di Blog"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.