Tips Memilih Niche Blog yang Tepat


Tips Memilih Niche Blog yang Tepat

Ketika kita sudah membuat blog, pastinya di awal diri kita sudah kepikiran sedikit nantinya akan menulis apa. Kira-kira hal apa yang ingin kita tuliskan di blog kita nanti. Mungkin kita sering melihat teman kita yang sudah menjadi blogger, kadang-kadang mereka suka share tulisan mereka di media sosial, dan serasa hal itu menarik juga. Hingga yang paling menarik adalah tentang cerita sukses dalam menghasilkan uang dari ngeblog saja. Menulis dari rumah atau dari kamar, eh bisa dapetin uang tiap bulannya. Hal itu memang tidak mustahil kok, dan hal itu memang beneran terjadi dan bisa kita lakukan. Karena saya sendiri juga menjalani dan mengalaminya, dari mulai ngeblog untuk menyalurkan hobi hingga ternyata bisa menjadi sumber encari rejeki.

Kembali tentang memilih niche blog, niche blog pada intinya adalah tema mendasar tentang hal-hal yang akan kita tuliskan di blog kita nanti. Seperi niche pendidikan, niche memasak, niche tanaman, niche kuliah, niche sekolah, niche motivasi, niche cerita remaja, atau yang lainnya. Niche nanti tentunya akan mempengaruhi performa blog kita, dari segi pencarian dan juga kualitasnya. Bisa juga sih kita membuat niche yang berisi beraneka ragam tulisan, atau biasa dikenal dengan blog niche gado-gado. Hal ini juga tidak menjadi masalah, karena ini blog milik kita jadinya bisa kita isi dengan apa saja semau kita. Namun jika kita bisa fokus pada tema tertentu, hal itu pastinya bisa lebih baik kedepannya. Sehingga para pengunjung betah berlama-lama untuk membaca berbagai  tulisan kita.

Berikut ini tips dari saya untuk memilih niche blog yang kita punya agar kita bisa fokus atau membuat blog kita ramai dengan pengunjung :

1. Pilih Niche yang Kita Sukai / Hobi / Kegemaran

Kalau kita sudah suka terhadap suatu hal, maka tentunya bisa dengan  senang hati kita bisa mencari inspirasi darinya  tanpa tekanan. Kita suka tentang masak memasak, ya kita tidak cepat bosan jika akan membahsa tentang berbagai masakan. Kita suka tentang cerita-cerita cinta, maka kita tak akan bosan membaut artikel-artikel tentang cinta. Begitu juga dengan kesukaan-kesukaan kita yang lain.

2. Pilih Niche yang Kita Pahami

Contohnya adalah jika kita masih sekolah, kita bisa menulis banyak hal tentang sekolah. Tentang pelajaranya, tentang guru-gurunya, tentang kehidupan di sekolah, atau  tentang cerita-cerita unik yang ada di sekolah. Semuanya bisa kita jadikan materi tulisan, jika kita paham. Jangan memaksakan diri untuk menulis sesuatu yang tak kita pahami. Contohnya kita tak tahu dunia kedokteran, eh malah suka menulis dunia obat-obatan atau hal-hal yang berbau kesehatan dan rumah sakit. Bisa-bisa malah kita nantinya membuat tulisan yang salah, atau tidak bisa dipertanggung jawabkan.
3. Pilih Niche yang Ramai Dibicarakan Orang Setiap Saat..

Niche yang ramai dibahas atau tak lelah dimakan zaman itu  ya seperti tentang cinta, tentang motivasi, tentang inspirasi, tentang pendidikan dan lain-lain. Sobat bisa mengetahui niche-niche yang berpotensi ramai pengunjung dengan cara mengetik "Keyword Abadi di Google" nanti biasanya akan ada berbagai macam pokok bahasan yang bisa kita terlusuri. Namun ingat, jangan memaksakan seperti yang saya tulis pada poin nomer dua. Kita memang bisa belajar banyak hal, namun kita harus ingat tentang batasan kita.

Oke demikian tips dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk gambaran mengisi konten-konten di blognya.

0 Response to "Tips Memilih Niche Blog yang Tepat"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.