TIPIKAL MAHASISWA SEKARANG

TIPIKAL MAHASISWA SEKARANG

Mahasiswa adalah peserta didik yang belajar di perguruan tinggi. Setidak itulah makna dasar yang berlaku untuk mengartikan apa itu mahasiswa. Mahasiswa dikenal dengan kaum intelek, yang memiliki pengetahuan luas. Tapi sayangnya sekali julukan itu ternodai dengan kelakukan mahasiswa yang sekarang ini sering kali berbuat kerusuhan, tawuran, bahkan sampai membakar gedung kampusnya sendiri. Bisa dikatakan itu adalah tipe mahasiswa anarkis. Tipe mahasiswa yang suka buat kerusuhan dan sejenisnya. Sebenarnya ada banyak sekali tipe mahasiswa, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tipe Akademis
Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang lebih mementingkan kegiatan akademis dari pada hal lainya. Bagi mereka nilai indeks prsetasi itulah yang paling utama. Tipe-tipe seperti ini biasanya mereka sangat rajin sekali kekampus, berangkat paling awal, kemana-mana membawa buku, tidak begitu suka nongkrong dikantin dan lebih suka berlama-laman diperpustakaan. Bagi mereka IP itu adalah segalanya, IP selalu cumlaude adalah tujuan mereka.
2.       Tipe Aktivis
Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang lebih mementingkan dunia keorganisasian dalam amupun luar kampus. Bagi mereka itulah suatu hal yang sangat berharga demi bisa berkembang dan melatih softskill yang dipunyai. Karena didunia kerja nanti bukan saja IP yang menjadi pedoman, tapi adalah pengaman dan softskill. Mahasiswa tipe aktivis ini bisa terlihat dengan seringnya mereka berada dikampus, sering ngongkrong di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), seringnya mereka memakai almamater. Mahasiswa tipe ini tidak begitu suka sering dengan yang namanya liburan. Kala liburan itulah mereka justru banyak-banyak berkegiatan. Mahasiswa yang sering dilihat ditelevisi adalah salah satu bagian dari mereka

3.  Tipe Rohaniawan
Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa tipe pendakwah. Mereka menyerukan
agama mereka dengan penuh semangat. Mereka sering mengadakan kajian keagamaan. Baginya dimasa kuliah adalah masa-masa perjuangan yang harus bisa bermanfaat demi agama mereka. Mereka bisa dilhat dari pakaian-pakaian yang sering mereka gunakan yang bisa menunjukan identitas mereka, mereka juga lebih suka berada ditempat-tempat ibadah daripada tempat lain. Bagi mereka hidup ini adalah sementara, dan akhirat itulah yang kekal. Maka untuk bisa bahagia di akhirat harus selalu berbuat baik kepada sesama, berbagai cinta kasih kepada semua. Karena Agama adalah anugerah bagi seluruh alam.

4.       Tipe Nasionalis
Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang mempunyai jiwa tanah air yang tinggi. Mereka sering berdiskusi membicarakan Indonesia. Baginya mahasiswa adalah agent of cange yang harus bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Sama seperti mahasiswa aktivis, mereka yang suka mengkritisi kelakuan buruk pemerintah itulah salah satunya. Mereka sangat tak suka dengan siapapun yang menghina bangsanya, terkadang sampai cinta tanah air yang sangat berlebihan membuat mereka sangat fanatik dengan pemahaman-pemahaman selain ideology bangsa walaupun itu adalah ideology agama. Bagi mereka merah putih adalah harga mati yang dengan keteguhan dan kesetiaan akan mereka perjuangkan.

5.       Tipe Anarkis
Mahasiswa tipe ini adalah tipe mahasiswa yang sering membuat risau masyarakat dan juga sering mencoreng nama baik mahasiswa. Mereka yang bertipe ini sebenarnya adalah bagian dari mahasiswa-mahasiswa diatas tapi lebih menyukai adu fisik atau kekerasan. Sering bisa dilihat di televisi, mahasiswa yang suka bakar-bakar gedung, suka merobohkan pagar, saling melempar batu, bahkan berkelahi satu sama lain atau tawuran itu sudah biasa. Itulah cara mereka menunujukan diri, dan ternyata banyak juga mahasiswa yang bertipe seperti ini di Indonesia yang sedang ngetrend. Padahal ini sebnarnya sangat buruk, merugikan diri mereka sendiri bahkan juga merugikan Negara, kampus, dan lingkungan mereka

6.       Tipe Apatis.
Mahasiswa tipe in adalah mahasiswa yang tidak seperti mahasiswa-mahasiswa diatas. Mereka ini cenderung acuh dengan itu semua. Tak begitu pedulu dengan prsetasi, tak peduli dengan organisasi, apalagi dengan demo-demo dijalan-jalan. Mereka menjalani hidup dikampus sekedar kuliah saja, habis itu ya sudah pulang. Seolah mereka begitu egois dan lebih mementingkan hidup mereka sendiri. Mereka menjalani kehidupan dikampus apa adanya, sering kali mereka juga dijuluki mahasiswa kupu-kupu yaitu kuliah pulang kuliah pulang. Mahasiswa seperti ini justru sangat banyak diantara para mahasiswa lainnya.


Selain tipe diatas, juga masih banyak tipe-tipe lainnya. Karena berbagai sudut pandang bisa mengkategorikan mereka. Tetapi pada dasarnya semua mahasiswa adalah seharusnya sebagai generasi pemuda yang berpendidikan yang memiliki tanggung jawab untuk membangun bangsa bukan sebaliknya, karena ditangan mereka lah bangsa Indonesia ini akan berjalan kedepannnya.

0 Response to "TIPIKAL MAHASISWA SEKARANG"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.