Waduk Gunung Rowo Pati, Obyek Wisata Yang Layak Untuk Kamu Kunjungi Di Waktu Liburan

Sekilas Waduk Gunug Rowo Pati
Waduk Gunug Rowo Pati salah satu tempat wisata di kabupaten Pati Jawa Tengah yang menawarkan keindahan wisata air dengan latar belakang Gunung Muria. Nampak begitu asri dan dikelilingi pepohonan yang hijau. Hingga begitu terasa sejuk udara yang berhembus disana. Waduk yang terletak di desa Sitiluhur Kecamatan Gembong ini menurut sejarahny adalah sebuah waduk yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda pada tahun 1928. Jadi selain sebagai sebuah tempat wisata, waduk ini juga merupakan bukti peninggalan sejarah yang bisa kita lihat sampai sekarang.

image : lihat.co.id
Pesona Waduk Gunung Rowo Pati
Wisata Waduk Gunung Rowo mempunyai luas kurang lebih 320 ha. Sehingga merupakan waduk yang luas. Membuat mata kita bisa memandang hamparan air di tengah perbukitan. Sebagai tempat wisata, waduk ini begitu ramai dengan wisatawan. Baik wisatawan dari daerah sekitar Pati maupun dari luar kota Pati. Pada hari biasa banyak yang mengunjungi, dan pada saat hari liburan akan dipenuhi dengan banyak wisatawan. Selain dengan panorama air, pengunjung juga disuguhkan dengan berbagai spot foto di sekitar waduk. Pengunjung banyak yang berfoto-foto di bagian atas waduk, yaitu di tempat yang dinamai dengan Bukit Pandang. Bukit pandang sendiri merupakan bukit tepat diatas Waduk Gunung Rowo yang membuat pengunjung bisa melihat panorama waduk dari atas bukit. Hingga tidak heran, banyak pengunjung yang asyik berfoto di tempat tersebut. Obyek wisata ini bisa menjadi obat dari kejenuhan dari aktivitas kita sehari hari.

image : travelingyuk.com
 Akses Jalan Menuju Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo mempunyai akses jalan yang cukup mudah bagi yang ingin berkunjung kesana. Berjarak kurang lebih 12 Km dari kota Pati, dengan jalanan beraspal membuatnya mudah diakses. Para wisatawan yang ingin berkunjung, maka bisa melewati jalan Pati- Tlogowungu - Waduk Gunung Rowo. Jalanan yang dilalui juga sudah beraspal semua, kita bisa dengan mudah menemukan lokasi Waduk Gunung Rowo. Hal itu karena juga tersedia penunjuk jalan menuju ke sana. Namun jika kesulitan, maka penduduk sekitar dengan ramah akan memberikan petunjuk jika kita bersedia bertanya.  


Fasilitas Tempat Makan atau Konsumsi

Di waduk Gunung Rowo para pengunjung tidak usah khawati dengan masalah tempat makan atau rumah makan. Disana banyak sekali penjual dan warung makan. Baik warung kecil, ataupun yang menyediakan tempat lesehan bersama keluarga. Menu-menu yang disajikan juga beragam. Biasanya pengunjung begitu suka memesan ikan bakar dengan seganap bumbu khasnya. Para pedagang dan warung makan ini banyak berjejer si sekitar waduk. Menjajakan banyak makanan dan minuman yang bisa mengisi perut kita setelah puas jalan-jalan di sekitar waduk. Pengunjung juga bisa memilih tempat makan sesuai keinginannya, ada pula yang bisa langsung mendapatkan latar belakang tepat di pinggir waduk. Sehingga bisa membuat suasana makan semakin asri.
 
image : FLP Pati
Tempat-Tempat Foto, Menikmati Pemandangan Dan Bersantai
  
Pengunjung mempunyai banyak pilihan untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Di sepanjang pinggiran waduk bisa menjadi tempat yang asyik untuk melihat gelombang-gelombang kecil air yang tertiup angin. Di bukit pandang, sebagai tempat melihat danau dari atas bukit. Serta berbagai tulisan ikonik Gunung Rowo  yang bisa menjadi latar belakang untuk berfoto. Selain itu ada sebuah bangunan kecil tepat di atas danau yang menjadi favorit tempat berfoto. Namun memang perlu didampingi orang dewasa agar tidak berbahaya. Dengan berbagai tempat yang menarik itu, kita bisa mengajak keluarga kita, teman kita atau para sahabat kita untuk berlibur kesana.

Image : FLP Pati
Hal-Hal Yang Perlu Diwaspadai

Selain sebagai tempat wisata yang Indah, namun tetap saja kita harus waspada jika berada di tempat wisata. Pastikan kendaraan diparkir di tempat yang aman, disana juga banyak tempat yang menyediakan jasa parkir. Berikutnya untuk menjaga keamanan, sepatutnya tidak perlu membawa barang-barang mewah yang berlebihan. Karena bisa memicu tindak kejahatan kepada diri kita. Di Waduk Gunung Rowo tersebut juga banyak sekali ditemui pengunjung usia remaja dan para pemuda. Jadi jangan heran jika kita menemukan banyak kelompok-kelompok remaja yang nongkrong disana-sini. Maka perlu hati-hati saja, agar tidak mengganggu mereka. Biasanya memang anak usia muda bisa menjadi masalah jika sedikit terganggu. Usahakan berkunjung dengan mengajak teman atau keluarga. Bisa sebagai pihak yang menambah aman dan nyamannya kita dalam berkunjung. 
 

Image : FLP Pati

0 Response to "Waduk Gunung Rowo Pati, Obyek Wisata Yang Layak Untuk Kamu Kunjungi Di Waktu Liburan"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.