Hal-Hal Yang Penting Dilakukan Di Awal Ngeblog

Hal-Hal Yang Penting Dilakukan Di Awal Ngeblog
image : afikrubik.com

Halo, kawan-kawan semua. Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya terkait ngeblog. Tulisan kali ini ingin menceritakan bagaimana seharusnya yang kita lakukan di awal-awal ngeblog. Agar kegiatan ngeblog yang kita lakukan punya jangka panjang dan bisa kita nikmati, entah dari segi berbaginya maupun dari keuntungan-keuntungan yang mungkin nantinya bisa kita peroleh dari blog kita ini. Ini berdasarkan pengalaman-pengalaman yang saya alami, Alhamdulillah tetap bisa eksis sampai sekarang dan bisa menambah penghasilan dari dunia maya  ini.

Hal-Hal Yang Penting Dilakukan Di Awal Ngeblog.

1. Fokus Perbanyak Artikel / Postingan Terlebih Dahulu

Hal yang pertama yang perlu kita lakukan adalah memperbanyak artikel atau postingan di blog yang kita miliki. Karena memang intinya dalam ngeblog, kita akan berusaha menulis berbagai hal di dalam blog kita. Maka memang fokusnya adalah jumlah artikel yang bisa kita tuliskan. Tahukah kamu? jika blog blog yang sudah terkenal itu juga awalnya hanya satu dua tulisan saja. Namun memang lambat laun akan terus bertambah, jika memang sang pemilik blog mau menambah tulisannya.

Tak usah terlalu muluk-muluk dengan langsung mengejar berapa puluh postingan setiap hari, atau bahkan ratusan. Satu artikel saja setiap hari, maka kita sudah punya 365 artikel dalam satu tahun. Atau jika kita hanya bisa menulis 1 artikel per minggu, maka sudah ada 52 artikel dalam satu tahun. Jumlah postingan yang ada di blog kita ini yang nantinya akan cukup berpengaruh terhadap pengunjung yang datang. Logikanya seperti ini, jika sebuah perpustakaan mempunyai banyak koleksi buku. Tentu hal itu akan menambah minat seseorang untuk datang. Beda lagi jika perpustakaan itu hanya punya koleksi sedikit buku, niscaya hanya beberapa orang saja yang datang.


2. Pilihlah Tema / Template Yang Sederhana Dahulu.

Banyak blogger pemula yang biasanya lebih asyik menata dan menghias blognya secantik mungkin. Bahkan banyak dipasangi script-script dan widget yang beraneka ragam, hingga sangat ramai sekali. Tentu hal ini sah-sah saja, namun tanpa disadari justru hal itu lebih menyita waktu. Daripada postingan yang ada di blog yang masih sedikit. Selain itu berganti-ganti template atau tema pada blog juga akan berpengaruh pada pencarian di google. Lalu, banyaknya widget, script atau hiasan yang banyak juga akan membuat loading blog semakin berat.

Maka dari itu, sebaiknya kita memilih tema yang sederhana dahulu. Cukup yang simple simple saja, terpenting tulisan kita itu bisa tersampaikan kepada pembaca. Lambat laun kita juga akan semakin pandai menghias blog kita menjadi lebih baik. Seiring kita yang mulai belajar bagaimana ngeblog kedepannya.


3.Buat Draf - Draf Judul Untuk Mempermudah Merencanakan Tulisan Selanjutnya.

Hal yang saya lakukan untuk bisa terus menulis dan merencanakan ide tulisan selanjutnya adalah dengan cara menuliskan draf-draf judul yang ala kadarnya. Saya menuliskan hal-hal menarik yang saya tangkap ke dalam draf, mungkin saat itu kita punya ide tersebut namun belum ada inspirasi atau materi dalam membahasnya.  Jadi saat ada kesempatan, maka saya akan mengembangkan draf tersebut menjadi sebuah artikel. Karena kadang apa yang sudah jadi sebuah ide, hal itu bisa menjadi hilang atau terlupakan saat kita tidak mencatatnya.

4. Jangan Langsung Berpikir Tentang Pendapatan / Iklan, Nikmati Saja Nulis-Nulisnya.

Dahulu saya berpikir bagaimana saya akan untung sebesar-besarnya dari blog. Apalagi saat melihat screenshot dari berbagai grup atau forum yang memperlihatkan hasil yang menggiurkan. Rasanya kita segera ingin mendapatkan hal seperti demikian. Namun hal itu justru bisa membuat kita menjadi gampang melemah, saat ekspetasi harapan kita tak kunjung terwujud dan terasa sangat  lama. Hingga banyak blogger-blogger pemula yang akhirnya menyerah menulis di blog, karena merasa tak kunjung berhasil.

Semua itu butuh proses, terpenting diri kita konsisten dalam menulis konten. Lambat laun kita akan mengerti bagaima cara membuat artikel yang lebih baik dan lebih dibutuhkan orang lain. Atau artikel yang banyak dicari orang lain. Kemampuan kita akan semakin berkembang seiring diri kita yang tidak mudah menyerah.


5. Setelah Page View atau Pengunjung Sudah Mulai Banyak, Maka Mulailah Belajar SEO ( Search Engine Optimization ).

Jika sudah konsisten, niscaya pengunjung blog akan terus naik. Dari yang jumlahnya satuan, puluhan, ratusan hingga akhirnya ribuan juga. Maka kita harus belajar apa itu yang namanya SEO. Sebuah cara untuk meningkatkan trafik pengunjung ke blog kita. Bagaimana cara untuk menjadikan tulisan kita bisa nangkring di pencarian google. Ada banyak cara untuk meningkatkan SEO, banyak yang sudah membahasnya. Kita jangan malas untuk mempelajarinya. Oke tapi untuk sekarang, mari fokus dahulu ke jumlah artikel dan kualitas postingan kita. Poin ke lima ini, hanya sebagai gambaran langkah selanjutnya yang kita lakukan saat kita sudah bisa konsisten ngeblog.

Demikian tips-tips dari saya, semoga bisa memberikan gambaran sederhana bagaiamana langkah-langkah kita di awal ngeblog. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Hal-Hal Yang Penting Dilakukan Di Awal Ngeblog"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.