Kabar Keberhasilan dari Teman-Temanku Alumni Mahasiswa Bidikmisi

Alumni Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang


Bidikmisi adalah salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah, beasiswa tersebut diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu. Sebuah beasiswa yang membawa angin segar bagi banyak siswa sepertiku, punya keinginan kuliah namun terhalang oleh biaya. Beasiswa tersebut diluncurkan pada tahun 2010, dan aku adalah salah satu penerimannya. Aku termasuk menjadi orang yang beruntung kala itu, dari puluhan ribu siswa yang mendaftar. Alhamdulillah, aku diberi kesempatan untuk bisa kuliah. Aku pun bisa lulus kuliah dengan bidikmisi pada tahun 2014. Begitulah sekilas tentang bidikmisi, dan hubunganku tentangnya.

Sekarang sudah tahun 2020, sudah sepuluh tahun beasiswa itu bergulir. Serta sudah enam tahun pula aku telah lulus dari perkuliahan. Begitu pun dengan teman-temanku seangkatan, walau lulusnya tidak bareng juga. Ada yang lulus duluan, ada pula yang lulusnya belakangan. Namun aku tak ingin menceritakan tentang kisah lulus mereka. Aku ingin sedikit bercerita tentang teman-temanku yang sekarang. Tentang mereka yang telah bisa kuliah, bisa menjadi sarjana, bisa meraih pendidikan tinggi. Sekalipun mereka berasal dari keluarga yang tak punya.

"Bidikmisi, menggapai asa memutus rantai kemiskinan."

Seperti itulah slogan bidikmisi yang dari dulu begitu bergema ketika aku menjadi mahasiswa. Bidikmisi diharapkan mampu membuat seseorang bisa meraih cita-citanya. Hingga akhirnya menghasilkan output putusnya rantai kemiskinan dalam keluarganya. Setelah enam tahun berlalu sejak para mahasiswa bidikmisi seangkatanku itu lulus, alhamdulillah, ternyata slogan itu memang telah membuktikan visi misinya selangkah demi selangkah. Teman-temanku, kini mereka sudah nampak meniti karir dalam kehidupannya. Dengan pendidikan yang mereka tempuh, akhirnya mengantarkan mereka medapatkan taraf kehidupan yang lebih baik.

Aku suka sekali mencari tahu kabar dari teman-temanku alumni bidikmisi, istilahnya kepo. Bagaimana sih mereka sekarang? apa yang mereka lakukan? apa yang telah mereka capai? ada hal menarik apa untuk aku ketahui. Kutemukan mereka ada yang sudah begitu nampak bahagia menjadi seorang guru, bahkan mengisi posisi-posisi penting di sekolah. Sekarang mereka nampak berwibawa menjadi seorang pengajar. Ada pula yang kuliah lagi. Mereka lanjut lagi sampai S1 dan S3, bahkan tak tanggung-tanggung banyak dari mereka yang kuliah di luar negeri. Hingga ada yang telah menjadi dosen di kampus-kampus ternama. Mereka keren sekali.


Alumni Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang

Ada pula yang menjadi pegawai di berbagai instansi pemerintahan, di BUMN, di perusahan swasta. Serta banyak dari mereka yang telah menjadi PNS. Menjadi PNS, sebuah pekerjaan yang katanya begitu keren untuk bekal menghadap calon mertua. Hehehe. Selain jadi pegawai, banyak yang merintis jadi pengusaha, bahkan sudah ada beberapa yang kutahu telah memiliki beberapa karyawan. Itu sungguh luar biasa. 

Tentu ada banyak lagi yang tak bisa kutuliskan tentang kabar keberhasilan dari para temanku itu, teman alumni bidikmisi. Jelasnya, aku begitu bangga terhadap mereka. Aku turut bangga pernah menjadi bagian dalam sebuah lingkaran, yaitu lingkaran para pemuda-pemudi dari golongan tidak punya, namun punya semangat meraih harapan yang luar biasa. Semoga kita para alumni bisa terus melangkah maju, apa yang kita harapkan dan perjuangkan bisa membuahkan hasil yang bermanfaat dan barokah. Semoga kita bisa meraih impian-impian besar kita. 

Tulisan ini pun bukan untuk kita saling membandingkan, oh mana yang lebih sukses dan mana yang masih pontang-panting. Ya karena setiap orang punya jalan cerita masing-masing. Namun tulisan ini kuharap bisa menjadi sebuah sapaan untuk saling memberi semangat. Bagi alumni bidikmisi yang membaca tulisan ini, kurasa tak keberatan jika mau menyapa di bagian komentar. Oke kututup dengan harapan, semoga kita semua bisa sukses meraih impian-impian kita.

0 Response to "Kabar Keberhasilan dari Teman-Temanku Alumni Mahasiswa Bidikmisi"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.