Tips Memilih Nama Blog Yang Tepat


Tips Memilih Nama Blog Yang Tepat

Bagi kamu yang ingin membuat sebuah blog, langkah awal biasanya kita akan memikirkan nama blog yang akan kita buat. Kira-kira nama apa yang tepat untuk blog kita itu, kadang hal ini juga cukup memakan waktu juga. Karena memang sebuah nama itu nyatanya penting untuk diperhatikan walau kelihatannya sangat sepele. Nama blog yang kira-kira nampak bagus, keren, sederhana namun begitu menarik. Hehehe itulah sulitnya menemukan nama blog. Kadang kita juga sudah menginginkan sebuah nama, eh nama itu ternyata malah sudah dipakai orang lain. Hal itu tidak bisa kita lakukan, karena memang nama blog tidak bisa sama. Di dunia internet ini, satu nama blog ya memang hanya bisa dipakai satu blog tersebut. 

Kali ini saya ingin memberikan beberapa tips awal ketika ngeblog berkaitan dengan pemberian nama blog. Oke mari kita bahas satu-satu tipsnya.

1. Pilih Nama Blog yang Singkat

Kenapa nama blog harus singkat? pada dasarnya satu nama yang singkat itu mudah dikenali atau mudah diingat bukan? begitu juga dengan nama blog. Contohnya seperti dua nama ini :
 
opsi nama blog yang pertama = agusjokoprasetyo.blogspot.com

opsi nama blog yang pertama = agusjp.blogspot.com

Kira-kira dari dua nama tersebut, apakah yang mudah kamu ingat? tentu akan lebih mudah diingat yang kedua bukan? singkat dan mudah diingat. Kalau yang pertama begitu panjang, jika diketik di adress bar juga bakal cukup lama. 
Nama blog yang singkat akan memudahkan seseorang untuk mengetiknya. Kita bisa lihat situs-situs besar, biasanya akan memakai nama yang singkat. Contohnya seperti :
- facebook.com
- twitter.com
- instagram.com
- kaskus.com
- kumparan.com
- hipwee.com
dll

Saya sendiri memakai nama " agusjp.com" , suatu nama yang singkat yang diharapkan akan mudah diingat. Eh ya, ini kan tadi masih di blogspot. Biasanya nama blognya masih ada belakangan blogspot.com. Oke lain kali kita bahas "Bagaimana cara membuat blogspot menjadi domain TLD", seperti merubah agusjp.blogspot.com menjadi agus.jp com.

2. Pilihlah Nama Sesuai Dengan Isi Blog atau yang Nama yang Mewakili Dirimu

Sebuah pemberian nama akan mewakili nama tersebut. Seperti sebuah toko misalnya, toko yang menjual elektronik biasanya memakai embel-embel nama elektronik seperti "Semesta Elektronik, Berkah Elektronik, Jaya Elektronik." Jadi, usahakan memilih nama sesuai dirimu atau sesuai isi blognya nanti. Atau jika dirimu sudah dikenal orang dengan nama khusus, mungkin kamu bisa memakainya agar lebih mudah dikenali. Sekaligus juga branding tersendiri dengan nama kamu.

Kita bisa membuat nama blog kita dengan nama hobi kita jua, bisa pula tentang pekerjaan, sebutan khusus, kegiatan, dll. Selagi nanti bisa nyambung dengan isi blog kita, hal itu bisa memudahkan kita mencari nama.

3. Hindari Penggunaan Nama yang Telalu Alay + Lebay

Hehehe, biasanya pas awal-awal membuat blog itu kita suka membuat nama yang aneh dan terkadang lebay juga. Nama yang lebay itu seperti

- aguscahguanteeeng.blogspot.com
- agus1234567810.blogspot.com
- gadismanis5678.blogspot.com

Nama-nama yang lebay tersebut bisa berpengaruh dengan ketertarikan pengunjung. Nama tersebut bisa mempengaruhi kredibilitas blog juga. Semakin lebay, niscaya juga semakin kurang berkualitas rasanya. Ini dari segi nama, kecuali memang isi kontennya sangat berkualitas. Namun biasanya jarang sekali saya temukan, blog dengan nama lebay dengan isi yang berkualitas.

4. Penggunaan Karakter atau Angka Khusus

Salah satu kendala dalam membuat nama blog adalah jika nama yang kita inginkan ternyata sudah dipakai orang lain. Tentu hal itu kadang membuat kita jengkel juga. Ternyata sudah didahului orang lain. Ada beberapa cara ketika nama yang kita inginkan itu dipakai orang lain. Kita bisa menambang karakter tertentu pada nama tersebut, bisa karakter khusus, bisa angka, bisa pula kata sandang.

Seperti halnya contoh di bawah ini :
 
Saya ingin membuat blog dengan nama " agus.blogspot.com" , eh ternyata tidak bisa digunakan karena sudah dipakai orang lain. Maka saya bisa mencoba nama lain dengan menambahi kata lain.

Ditambahi kata lain =

agusoke.blogspot.com, duniaagus.blogspot.com, myagus.blogspot.com, agusnesia.blogspot.com

- Ditambahi angka =

agus123.blogspot.com , agus01.blogspot,com , agus911.blogspot.com

- Ditambahi karakter khusus =
*Kalau menurut saya yang paling oke ditambah karakter strip ( - )

mas-agus.blogspot.com, dunia-agus.blogspot.com, my-agus.blogspot.com, agus-nesia.blogspot.com

- Ditambahi kata sandang =

- sangagus.blogspot.com, siagus.blogspot.com, bangagus.blogspot.com, masagus.blogspot.com 


Demikian tips dari saya terkait membuat nama blog, semoga bermanfaat.


0 Response to "Tips Memilih Nama Blog Yang Tepat"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.