Jangan Hanya Mengandalkan Ijazah Untuk Mencari Pekerjaan

Jangan Hanya Mengandalkan Ijazah Untuk Mencari Pekerjaan


Jika dirimu setelah lulus nanti hanya mengandalkan ijazah, bisa jadi ijazahmu akan berkumpul dengan ijazah orang lain dalam tong sampah. Cobalah saat sekolah atau kuliah kini, perbanyak hal-hal berikut ini di antaranya :

1. Perbanyak Teman
Mempunyai teman yang banyak untuk menambah koneksi ketika lulus nanti. Karena banyak peluang kerja itu hadir dari informasi dari teman. Memiliki teman mempunyai banyak manfaat, nanti kamu bisa saling bertukar informasi dengan mereka. Apalagi sekarang ini sarana komunkisi bergi modern, mempermudah kita semua untuk saling berkomunikasi. Jadi ketika masih kuliah atau sekolah saat ini, jangan enggan untuk mempunyai banyak teman. Agar nanti kita bisa saling membantu dan memberi informasi.


2. Melatih Softskill dan Bakat
Perbanyak melatih keahlian atau bakat untuk membuatmu expert di beberapa hal. Karena jika bisa bekerja sesuai hobi dan bakat itu merupakan kesenangan luar biasa. Kita tentu sadar, bahwa di bangku sekolah kita akan lebih banyak disugui materi pelajaran. Mungkin hanya satu dua keahlian yang kita dapatkan dari kegiatan ekstrakulikuler. Namun tentu kita tidak boleh berpangku tangan berdiam diri, kita bisa berlatih dengan mandiri. Kita bisa mengasah kemampuan kita tanpa harus dikomando oleh pihak sekolah. Keahlian itu bisa kita dapatkan di tempat lain, dari teman atau dari beajar otodidak secara online.

3. Perbanyak Tirakat
Perbanyak tirakat ( Tak terlalu menuruti gengsi), untuk membiasakanmu tahan banting dari nyinyiran orang. Karena ketika nanti akan memulai usaha atau kerja, bisa jadi banyak orang akan meremehkan pekerjaanmu dan membullymu sebelum berhasil.

Nilai bagus dalam ijazah mungkin memang bisa membantumu lolos seleksi, namun bertahannya kamu dalam sebuah profesi itu di antaranya tergantung dari koneksimu, keahlianmu, dan kesenanganmu dalam bekerja. Jangan sampai nanti, ijazahmu justru mengantarkanmu kepada pekerjaan yang asal dapat, tanpa kamu bahagia menjalaninya.

0 Response to "Jangan Hanya Mengandalkan Ijazah Untuk Mencari Pekerjaan"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.