Wisata Arga Pesona Puncak Tranggulasi Desa Beketel Pati, Puncak Kendeng Yang Menawarkan Pemandangan Alam Begitu Indahnya


Foto : Chusnul Chotimah
Sekilas Tentang Arga Pesona
Satu lagi tempat wisata di pegunungan Kendeng yang begitu menarik untuk anda kunjungi. Sebuah tempat wisata untuk melepas segala kepenatan dan kesibukkan. Sebuah tempat wisata berkonsep gardu pandang, dimana anda bisa melihat hamparan bumi dari titik tertingginya. Tempat wisata tersebut adalah Arga Pesona, berlokasi di Desa Beketel kecamatan Kayen kabupaten Pati. Tempat wisata ini juga punya nama lain dalam penyebutannya, ada yang mengatakan sebagai "Tranggulasi" atau juga "Puncak 0 KM". Hal ini dikarenakan di titik ini merupakan perbatasan antara kabupaten Pati dan Kabupaten Grobogan. Desa Beketel sendiri merupakan salah satu desa di ujung paling selatan kabupaten Pati. Sehingga merupakan salah satu titik perbatasan di bagian selatan Pati.

Foto : Johan Ahmad


Arga Pesona Pati
Foto : Robien Al Musthofa


Keindahan Arga Pesona Tranggulasi Beketel

Berbeda dengan gardu pandang lain di daerah pegunungan kendeng seperti Bukit Pandang, Kandangan dan lain-lain. Di tempat ini anda tidak hanya bisa melihat hamparan daratan kabupaten Pati. Namun anda juga bisa melihat dengan jelas hamparan kabupaten Grobogan. Di sebelah utara pandangan, anda bisa melihat hamparan kabupaten Pati hingga Kudus, hingga terlihat pula dengan begitu gagahnya Gunung Muria dan perbukitan di bawahnya. Lalu jika anda memandang ke selatan maka anda bisa melihat hamparan kabupaten Grobogan, hingga terlihat pula jejeran pegunungan di selatan Grobogan dan Blora. Hingga jika cuaca mendukung, maka anda bisa melihat Gunung Lawu. Jika anda memandang ke sebelah barat, maka akan terlihat pula barisan perbukitan di area Semarang hingga Gunung Ungaran. Bahkan saat gunung Merapi meletus, terlihat pula dari tempat ini.

Foto : Didi Arsidi
Foto : Kinco Hutomo
Spot-Spot untuk Berfoto

Terdapat banyak spot untuk berfoto. Diantaranya yang begitu digemari oleh wisatawan adalah miniatur perahu di bagian tebih puncak tranggulasi. Sebuah perahu kecil dari bambu yang bisa menjadi tempat bagi anda untuk melihat panorama keindahan di sebelah selatan dan barat, yaitu bentangan alam dari Blora, Gorobgan, Kudus, hingga Semarang. Lalu ada pula spot-spot seperti rumah pohon, dan puncak Arga Pesona. Dimana ada susunan batu yang kokoh dengan ditumbuhi pohon-pohon besar. Di tempat ini anda bisa merasakan sepoi angin yang tak henti-hentinya menerpa anda. Di Puncak Tranggulasi, maka anda juga akan menemukan jejeran batuan-batuan kapur yang menggugah perasaan anda untuk asyik berfoto ria. Hingga ada pula yang menjadikan tersebut sebagai tempat untuk prewedding, karena memang susunan batu di atas bukit itu terasa asri dan alami.

Foto : Chusnul Chotimah
Foto : Johan Ahmad
Akses Lokasi ke Arga Pesona Tranggulasi Beketel Pati

Akses untuk menuju ke tempat wisata ini bisa ditempuh melalui Kayen Pati. Dari Kota Pati sendiri untuk menuju ke Kayen membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan, lalu setelah sampai Kayen maka anda tinggal menuju ke arah selatan. Dari Kayen hingga Beketel membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit pula. Di sepanjang perjalanan maka anda akan melewati pula beberapa obyek wisata di pegunungan kendeng, dari Bukit Pandang Duren Sawit, Air Terjun Lorodan Semar dan Panorama Kandangan. Hingga setelah sampai Kandangan, anda cukup melewati satu pedesaan lagi ke atas dan sampailah anda di desa Beketel. Akses jalan menuju tempat wisata Arga Pesona sudah bagus, jalanan sudah beraspal dan berbeton hingga tepat di pintu masuk tempat wisata. Untuk menuju ke puncaknya, maka anda hanya perlu naik beberapa puluh meter saja.

Foto : Didi Arsidi

Foto : Johan Ahmad
Foto : Didi Arsidi

4 Responses to "Wisata Arga Pesona Puncak Tranggulasi Desa Beketel Pati, Puncak Kendeng Yang Menawarkan Pemandangan Alam Begitu Indahnya"

Video Arsip said...

Wah beketel kok yo wes digarap

Chusnul Chotimah said...

Satu spot wisata yang sangat potensial di pegunungan kendeng untuk dikembangkan.

Unknown said...

wah perlu di explore ki bro hehe

WWW YUKGAS ID

Agus JP said...

Wah keren gan, perlu diexplore :)

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.